Tips
dan Trik Microsoft Excel 2007
Melakukan Format Cepat pada Table
Excel
Ambil daftar data dan lakukan format dengan cepat sebagai tabel Excel, menggunakan galeri dengan diberikan style tertentu dalam Tabel Format sebagai perintah pada ribbon di bawah tab Home. Periksa My table yang mana header pada kotak dialog (jika Anda memiliki header), dan Anda dapat dengan cepat atau lakukan filter kolom dalam spreadsheet tersebut menggunakan menu terintegrasi header drop-down.
Ambil daftar data dan lakukan format dengan cepat sebagai tabel Excel, menggunakan galeri dengan diberikan style tertentu dalam Tabel Format sebagai perintah pada ribbon di bawah tab Home. Periksa My table yang mana header pada kotak dialog (jika Anda memiliki header), dan Anda dapat dengan cepat atau lakukan filter kolom dalam spreadsheet tersebut menggunakan menu terintegrasi header drop-down.
Penambahan kolom yang pintar
Menambahkan kolom baru ke tabel Excel sangat mudah. Tempatkan rumus (seperti SUM) dalam sel pertama kolom data baru. formula tersebut secara otomatis diterapkan untuk semua sel dalam kolom, yang juga dapat disortir atau dilakukan penyaringan. Tambahkan kolom lain dan menggunakan rumus yang berbeda (seperti AVERAGE ) untuk membuat kolom yang diperlukan.
Menambahkan kolom baru ke tabel Excel sangat mudah. Tempatkan rumus (seperti SUM) dalam sel pertama kolom data baru. formula tersebut secara otomatis diterapkan untuk semua sel dalam kolom, yang juga dapat disortir atau dilakukan penyaringan. Tambahkan kolom lain dan menggunakan rumus yang berbeda (seperti AVERAGE ) untuk membuat kolom yang diperlukan.
Melakukan penambahan berupa total
baris pada tabel
Dalam tabel dengan format yang sama, Anda mungkin ingin mengetahui jumlah semua angka yang ada dan posisinya pada bagian bawah. Klik di manapun dalam tabel untuk membuka Tabel Tools | tab Design. Klik saja dan Anda akan melihat kotak centang pada Tabel Row Options.Check Total Row untuk menambahkannya secara langsung. Lalu klik tiap sel di baris total untuk memilih fungsi (SUM, AVERAGE, dan seterusnya) dari panah drop-down.
Dalam tabel dengan format yang sama, Anda mungkin ingin mengetahui jumlah semua angka yang ada dan posisinya pada bagian bawah. Klik di manapun dalam tabel untuk membuka Tabel Tools | tab Design. Klik saja dan Anda akan melihat kotak centang pada Tabel Row Options.Check Total Row untuk menambahkannya secara langsung. Lalu klik tiap sel di baris total untuk memilih fungsi (SUM, AVERAGE, dan seterusnya) dari panah drop-down.
Menambahkan barus baru di atas total
Jika Anda ingin menambahkan baris baru ke tabel dengan jumlah baris yang sudah diformat, klik pada sel data terakhir di sebelah kanan atas total. Tekan tab satu kali dan baris baru akan dimasukkan. Semua sel-sel baru akan diformat dengan dilakukan penyesuaian dengan table yang dibuat pengguna.
Jika Anda ingin menambahkan baris baru ke tabel dengan jumlah baris yang sudah diformat, klik pada sel data terakhir di sebelah kanan atas total. Tekan tab satu kali dan baris baru akan dimasukkan. Semua sel-sel baru akan diformat dengan dilakukan penyesuaian dengan table yang dibuat pengguna.
Source:
http://islam-download.net/tips-tricks/software-tips-windows/tips-microsoft-excel-2007-iii.html#ixzz1DonZQC2U
Memasukkan Gambar Latar Belakang
Agar tidak bosan atau agar tampilan worksheet lebih menarik, Anda dapat memasukkan gambar latar belakang ke dalamnya. Jadi, data-data yang nanti Anda masukkan akan berada di depan gambar latar belakang itu.
Berikut langkah-langkah memasukkan gambar latar belakang:
1. Pilih Tab Page Layout.
2. Klik pada ikon Background.
3. Pilih salah satu foto atau gambar yang Anda inginkan.
4. Tekan tombol Insert.
Dalam waktu singkat, di dalam worksheet akan terpampang foto yang melatarbelakangi data-data yang Anda buat.
Agar tidak bosan atau agar tampilan worksheet lebih menarik, Anda dapat memasukkan gambar latar belakang ke dalamnya. Jadi, data-data yang nanti Anda masukkan akan berada di depan gambar latar belakang itu.
Berikut langkah-langkah memasukkan gambar latar belakang:
1. Pilih Tab Page Layout.
2. Klik pada ikon Background.
3. Pilih salah satu foto atau gambar yang Anda inginkan.
4. Tekan tombol Insert.
Dalam waktu singkat, di dalam worksheet akan terpampang foto yang melatarbelakangi data-data yang Anda buat.
Menghilangkan Foto atau Gambar Latar
Belakang
1. Klik Tab Page Layout.
2. Kemudian, klik pada ikon Delete Background.
Mengecilkan Ukuran File Foto
File workbook akan menjadi bertambah besar setiap kali Anda memasukkan foto atau gambar ke dalam worksheet yang ada di dalamnya. Biasanya, foto atau gambar memiliki resolusi tertentu yang tidak pas untuk pekerjaan tertentu. Misalnya saja, resolusi di atas 150 dpi tidak ideal jika workbook itu hanya akan dikirim via e-mail dan tidak dicetak. Kalau sudah begini, maka menempatkan file foto beresolusi tinggi di dalam worksheet merupakan sebuah kesia-siaan. Untungnya, MS Excel 2007 punya fasilitas untuk mengecilkan ukuran file foto. Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik foto atau gambar yang sudah Anda masukkan ke dalam worksheet.
2. Kemudian, klik Tab Format.
3. Klik pada opsi Compress Picture.
4. Sebelumnya, tekan tombol Options terlebih dulu.
5. Kalau workbook ini akan dikirim via e-mail, pilih opsi EMail.
6. Tekan tombol OK dua kali.
Secara fisik biasanya tidak tampak adanya perbedaan yang sangat ekstrem. Tapi ukuran file foto akan berubah ketika Anda memilih setting yang berbeda.
Mengatur Bentuk Gambar atau Foto
Secara default, bentuk gambar atau foto yang kita letakkan di dalam worksheet selalu persegi empat. Tapi kalau kita mau kreatif, MS Excel 2007 menyediakan fasilitas untuk mengatur bentuk gambar atau foto sehingga tidak lagi persegi empat, tapi menjadi beragam bentuk.
Berikut langkah-langkah yang bisa Anda jalankan:
1. Pastikan foto atau gambar itu sudah terseleksi sebelumnya.
2. Kemudian, klik Tab Format.
3. Klik pada opsi Picture Shape.
4. Pilih salah satu model bentuk yang Anda inginkan.
Secara otomatis, Anda akan melihat sebuah objek foto yang bentuknya telah dimodifikasi.
1. Klik Tab Page Layout.
2. Kemudian, klik pada ikon Delete Background.
Mengecilkan Ukuran File Foto
File workbook akan menjadi bertambah besar setiap kali Anda memasukkan foto atau gambar ke dalam worksheet yang ada di dalamnya. Biasanya, foto atau gambar memiliki resolusi tertentu yang tidak pas untuk pekerjaan tertentu. Misalnya saja, resolusi di atas 150 dpi tidak ideal jika workbook itu hanya akan dikirim via e-mail dan tidak dicetak. Kalau sudah begini, maka menempatkan file foto beresolusi tinggi di dalam worksheet merupakan sebuah kesia-siaan. Untungnya, MS Excel 2007 punya fasilitas untuk mengecilkan ukuran file foto. Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik foto atau gambar yang sudah Anda masukkan ke dalam worksheet.
2. Kemudian, klik Tab Format.
3. Klik pada opsi Compress Picture.
4. Sebelumnya, tekan tombol Options terlebih dulu.
5. Kalau workbook ini akan dikirim via e-mail, pilih opsi EMail.
6. Tekan tombol OK dua kali.
Secara fisik biasanya tidak tampak adanya perbedaan yang sangat ekstrem. Tapi ukuran file foto akan berubah ketika Anda memilih setting yang berbeda.
Mengatur Bentuk Gambar atau Foto
Secara default, bentuk gambar atau foto yang kita letakkan di dalam worksheet selalu persegi empat. Tapi kalau kita mau kreatif, MS Excel 2007 menyediakan fasilitas untuk mengatur bentuk gambar atau foto sehingga tidak lagi persegi empat, tapi menjadi beragam bentuk.
Berikut langkah-langkah yang bisa Anda jalankan:
1. Pastikan foto atau gambar itu sudah terseleksi sebelumnya.
2. Kemudian, klik Tab Format.
3. Klik pada opsi Picture Shape.
4. Pilih salah satu model bentuk yang Anda inginkan.
Secara otomatis, Anda akan melihat sebuah objek foto yang bentuknya telah dimodifikasi.
Memberi Garis Tepi pada Gambar
Untuk mempertegas keberadaan sebuah gambar atau foto, banyak orang menggunakan garis tepi yang ukurannya cukup tebal. Bagaimana caranya kita memberi garis tepi dalam lingkungan MS Excel 2007?
Mudah saja. Lakukan langkah-langkah di bawah ini:
1. Pilih dulu foto atau gambarnya.
2. Kemudian, klik pada Tab Format.
3. Pilih Picture Border.
4. Sorot bagian Weight.
5. Pilih salah satu model ketebalan garis yang Anda inginkan.
Untuk mempertegas keberadaan sebuah gambar atau foto, banyak orang menggunakan garis tepi yang ukurannya cukup tebal. Bagaimana caranya kita memberi garis tepi dalam lingkungan MS Excel 2007?
Mudah saja. Lakukan langkah-langkah di bawah ini:
1. Pilih dulu foto atau gambarnya.
2. Kemudian, klik pada Tab Format.
3. Pilih Picture Border.
4. Sorot bagian Weight.
5. Pilih salah satu model ketebalan garis yang Anda inginkan.
Mencetak Hanya dalam Warna Hitam
Putih
1. Klik Tab Page Layout.
2. Kemudian, klik pada ikon Print Titles.
3. Pastikan Anda berada di dalam Tab Sheet.
4. Aktifkan opsi Black and White.
5. Tekan tombol OK.
1. Klik Tab Page Layout.
2. Kemudian, klik pada ikon Print Titles.
3. Pastikan Anda berada di dalam Tab Sheet.
4. Aktifkan opsi Black and White.
5. Tekan tombol OK.
Membuat Kotak Teks yang Artistik
1. Pilih Tab Insert.
2. Kemudian, klik pada opsi Text Box.
3. Klik dan drag di dalam worksheet untuk membuat area text box terlebih dulu.
4. Ketik teks yang Anda inginkan di dalam text box tersebut.
5. Klik pada text box tersebut dan pilih Tab Format.
6. Klik tombol More pada bagian Shape Styles.
7. Pilih salah satu desain text box yang Anda inginkan.
1. Pilih Tab Insert.
2. Kemudian, klik pada opsi Text Box.
3. Klik dan drag di dalam worksheet untuk membuat area text box terlebih dulu.
4. Ketik teks yang Anda inginkan di dalam text box tersebut.
5. Klik pada text box tersebut dan pilih Tab Format.
6. Klik tombol More pada bagian Shape Styles.
7. Pilih salah satu desain text box yang Anda inginkan.
Menghapus Bagian Foto yang Dipotong
Secara Permanen
Caranya gunakan Crop dan buang bagian-bagian foto yang tidak Anda butuhkan. Hanya saja, bagian yang terpotong itu hanya terpotong secara visual saja. Itu artinya, foto tersebut tidak benar-benar terpotong karena MS Excel 2007 hanya menyembunyikan bagian tersebut saja. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa menghapus bagian-bagian tersebut. Kita bisa menghapus bagian yang terpotong secara permanen lewat langkah-langkah di bawah ini:
1. Pastikan foto tersebut sudah Anda potong terlebih dulu.
2. Klik ikon Compress Picture.
3. Pilihlah opsi Options.
4. Aktifkan opsi Delete Cropped Areas of Pictures.
5. Tekan tombol OK.
Caranya gunakan Crop dan buang bagian-bagian foto yang tidak Anda butuhkan. Hanya saja, bagian yang terpotong itu hanya terpotong secara visual saja. Itu artinya, foto tersebut tidak benar-benar terpotong karena MS Excel 2007 hanya menyembunyikan bagian tersebut saja. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa menghapus bagian-bagian tersebut. Kita bisa menghapus bagian yang terpotong secara permanen lewat langkah-langkah di bawah ini:
1. Pastikan foto tersebut sudah Anda potong terlebih dulu.
2. Klik ikon Compress Picture.
3. Pilihlah opsi Options.
4. Aktifkan opsi Delete Cropped Areas of Pictures.
5. Tekan tombol OK.
Membuat Efek Tombol pada Foto
Anda bisa membuat kesan 3 dimensi pada sebuah gambar atau foto lewat cara yang mudah menggunakan MS Excel 2007. Berikut salah satu tekniknya:
1. Pilih foto atau gambar yang akan diubah menjadi bentuk efek tombol.
2. Klik ikon Picture Effects.
3. Sorot opsi Preset.
4. Pilih salah satu bentuk tombol yang Anda inginkan.
Anda bisa memilih bentuk yang berbeda apabila menginginkan bentuk tombol yang beragam. Berikut salah satu model tombol yang Anda inginkan.
Anda bisa membuat kesan 3 dimensi pada sebuah gambar atau foto lewat cara yang mudah menggunakan MS Excel 2007. Berikut salah satu tekniknya:
1. Pilih foto atau gambar yang akan diubah menjadi bentuk efek tombol.
2. Klik ikon Picture Effects.
3. Sorot opsi Preset.
4. Pilih salah satu bentuk tombol yang Anda inginkan.
Anda bisa memilih bentuk yang berbeda apabila menginginkan bentuk tombol yang beragam. Berikut salah satu model tombol yang Anda inginkan.
?Memutar Foto dalam Kelipatan 15
Derajat
1. Arahkan kursor mouse di atas handle berwarna hijau yang ada di bagian atas foto.
2. Tekan tombol Shift+Klik dan drag ke arah kiri atau kanan tergantung orientasi Ketika Anda menekan tombol Shift, maka perputaran yang Anda lakukan tidak sebebas ketika Anda tidak menekan tombol Shift. Foto itu akan diputar dalam kelipatan 15 derajat.
1. Arahkan kursor mouse di atas handle berwarna hijau yang ada di bagian atas foto.
2. Tekan tombol Shift+Klik dan drag ke arah kiri atau kanan tergantung orientasi Ketika Anda menekan tombol Shift, maka perputaran yang Anda lakukan tidak sebebas ketika Anda tidak menekan tombol Shift. Foto itu akan diputar dalam kelipatan 15 derajat.
?Memberi Penekanan Menggunakan Shape
1. Klik Tab Insert terlebih dulu.
2. klik tombol More yang ada di kelompok Shape.
3. Pilih salah satu bentuk yang Anda inginkan.
4. Klik dan drag untuk membuat bentuk tersebut.
5. lalu, percantik menggunakan Shape Styles yg ada di Tab Format.
1. Klik Tab Insert terlebih dulu.
2. klik tombol More yang ada di kelompok Shape.
3. Pilih salah satu bentuk yang Anda inginkan.
4. Klik dan drag untuk membuat bentuk tersebut.
5. lalu, percantik menggunakan Shape Styles yg ada di Tab Format.
?Mengkopi Shape Sekaligus
Memindahkannya
Anda bisa mengkopi shape dengan menggunakan teknik Copy-Paste biasa. Namun kalau Anda ingin memindahkan objek shape hasil kopian itu ke tempat lain, maka Anda harus melakukannya secara manual, yaitu menggunakan metode klik dan drag. Walaupun sudah diakui sebagai cara yang paling umum, tapi MS Excel 2007 punya cara yang lebih praktis. Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik dan drag objek shape itu namun dengan menggunakan tombol kanan mouse.
2. Kalau sudah, lepaskan tombol kanan mouse itu.
3. Pilihlah Copy Here..
Anda bisa mengkopi shape dengan menggunakan teknik Copy-Paste biasa. Namun kalau Anda ingin memindahkan objek shape hasil kopian itu ke tempat lain, maka Anda harus melakukannya secara manual, yaitu menggunakan metode klik dan drag. Walaupun sudah diakui sebagai cara yang paling umum, tapi MS Excel 2007 punya cara yang lebih praktis. Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik dan drag objek shape itu namun dengan menggunakan tombol kanan mouse.
2. Kalau sudah, lepaskan tombol kanan mouse itu.
3. Pilihlah Copy Here..
?Membuat Shape Transparan
1. Buatlah shape dan berilah sebuah warna solid (jangan warna yang gradasi).
2. Tekan tombol kanan mouse pada shape itu.
3. Pilihlah Format Shape.
4. Geser slider Transparency ke arah kanan. biar semakin transparan
5. Tekan tombol OK.
1. Buatlah shape dan berilah sebuah warna solid (jangan warna yang gradasi).
2. Tekan tombol kanan mouse pada shape itu.
3. Pilihlah Format Shape.
4. Geser slider Transparency ke arah kanan. biar semakin transparan
5. Tekan tombol OK.
?Menulis Teks di dalam Shape
1. Klik pada objek shape itu.
2. Tekan tombol kanan mouse.
3. Pilihlah Edit Text.
4. Ketik teks yang Anda inginkan.
5. Untuk menyelesaikannya, klik di bagian lain pada worksheet.
1. Klik pada objek shape itu.
2. Tekan tombol kanan mouse.
3. Pilihlah Edit Text.
4. Ketik teks yang Anda inginkan.
5. Untuk menyelesaikannya, klik di bagian lain pada worksheet.
Melakukan paste pada plain text di
excel
Hendak melakukan paste teks dari Word atau IE ke Excel dengan lancar? Tekan F2 sehingga Anda berada dalam modus pengeditan sebelum Anda melakukan paste. Kemudian hanya teks yang akan di paste.
Hendak melakukan paste teks dari Word atau IE ke Excel dengan lancar? Tekan F2 sehingga Anda berada dalam modus pengeditan sebelum Anda melakukan paste. Kemudian hanya teks yang akan di paste.
Melakukan paste ke dalam sel secara
non-sequential
Menyisipkan sebuah formula khusus dari satu sel menjadi beberapa sel nonsequential tidak berarti harus melakukannya dengan banyak cut-and-paste. Lakukan penyalinan dari sel sumber, tahan tombol Ctrl, dan klik setiap sel di mana Anda ingin menempatkan formula tersebut. Kemudian tekan Ctrl-V sekali untuk menyisipkan formula yang Anda miliki tersebut ke semua sel. Ini juga bekerja untuk pengetikan dalam formula; tekan Ctrl-Enter jika sudah selesai.
Menyisipkan sebuah formula khusus dari satu sel menjadi beberapa sel nonsequential tidak berarti harus melakukannya dengan banyak cut-and-paste. Lakukan penyalinan dari sel sumber, tahan tombol Ctrl, dan klik setiap sel di mana Anda ingin menempatkan formula tersebut. Kemudian tekan Ctrl-V sekali untuk menyisipkan formula yang Anda miliki tersebut ke semua sel. Ini juga bekerja untuk pengetikan dalam formula; tekan Ctrl-Enter jika sudah selesai.
Perintah ke kanan, bukan menurun
Biasanya tombol enter menggeser pointer sel Excel ke sel di bawahnya. Jika Anda lebih suka pergeseran kea rah kanan, di Excel 2007 pergi ke tombol Office di kiri atas, pilih Excel Options, dan pilih Advanced. Dalam Mengedit pilihan, pilihan pertama adalah Setelah menekan Enter, seleksi bergerak. Pilih arah yang Anda kehendaki.
Membuat numeric secara konstan
Pernahkan mengalami ketika ada sebuah nomor yang Anda gunakan berulang-ulang dalam sebuah spreadsheet? Buatlah sebuah konstanta. Pada tab Formula, klik Define name, dan memberikan sel sebuah nama (seperti taxrate). Masukkan nomor dalam sel itu. Sekarang Anda dapat menggunakan nama dalam rumus (seperti = (b4 * taxrate) bukan merujuk pada koordinat. Anda dapat mengatur sebagai sel bernama sebanyak yang Anda inginkan.
Biasanya tombol enter menggeser pointer sel Excel ke sel di bawahnya. Jika Anda lebih suka pergeseran kea rah kanan, di Excel 2007 pergi ke tombol Office di kiri atas, pilih Excel Options, dan pilih Advanced. Dalam Mengedit pilihan, pilihan pertama adalah Setelah menekan Enter, seleksi bergerak. Pilih arah yang Anda kehendaki.
Membuat numeric secara konstan
Pernahkan mengalami ketika ada sebuah nomor yang Anda gunakan berulang-ulang dalam sebuah spreadsheet? Buatlah sebuah konstanta. Pada tab Formula, klik Define name, dan memberikan sel sebuah nama (seperti taxrate). Masukkan nomor dalam sel itu. Sekarang Anda dapat menggunakan nama dalam rumus (seperti = (b4 * taxrate) bukan merujuk pada koordinat. Anda dapat mengatur sebagai sel bernama sebanyak yang Anda inginkan.
0 comments:
Post a Comment